Kwarda Kepri Lepas Kontingen Kwarcab Bintan Ikuti Jambore Nasional XI Tahun 

Jumat, 12 Agustus 2022

Tanjung Pinang (Kepri), LPC

bertempat di halaman terminal keberangkatan bandara RHF, Jumat pagi (12/08/2022) Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Kepulauan Riau, melepas kontingen kwarcab Bintan untuk mengikuti kegiatan Jambore Nasional XI yang berlangsung tanggal 14 – 21 Agustus 2022 di Cibubur, Jakarta. Tampak hadir mewakili pimpinan Kwarda Kepri adalah Drs. Eko Sumbaryadi.

Dalam sambutannya, ada 3 hal yang disampaikan Kak Eko, diantaranya adalah atas nama Kwarda Kepri, Kak Eko mengucapkan selamat atas terpilihnya adik-adik peserta kontingen Jambore Nasional dari Kwarcab Bintan yang akan mengikuti kegiatan Jambore. Hal ini mengingat, Jambore Nasional Merupakan ajang pertemuan terbesar yang diikuti oleh seluruh perwakilan anggota pramuka penggalang se Indonesia dan hanya dilaksanakan 5 tahun sekali. Artinya, tidak semua generasi anak bangsa, berkesempatan melintasi jadwal pelaksanaan jambore nasional. “sekalipun melintasi, tetapi juga belum tentu terpilih karena seleksi untuk menjadi peserta Jamnas sangat ketat dan berjenjang” ungkap Eko Sumbaryadi.

Selanjutnya, peserta diminta untuk menjaga diri, menjaga kesehatan dan menjaga nama baik Kabupaten Bintan dan Provinsi kepri. “Jadilah pramuka yang panutan, jadilah teladan, disiplin tinggi dan patuhi aturan yang berlaku. Mengingat pandemi Covid-19 belum usai, ketika bepergian sebaiknya selalu menjaga protokol kesehatan, dan harus izin sama pembina pendamping serta sebaiknya jangan bepergian sendiri-sendiri. Karena ajang Jambore ini akan diikuti oleh ribuan peserta, bahkan biasanya ada juga peserta berasal dari Negara tetangga. Belum lagi, bumi perkemahan Cibubur itu sangat luas. Kurang lebih 210 hektar. Jika tidak cermat, bisa kesasar dan tentu bisa merepotkan semuanya”

Selain itu, Eko juga berharap semoga Kwarcab Bintan selamat dalam perjalanan, sukses dalam mengikuti kegiatan dan kembali lagi dalam keadaan sehat dan tidak kurang suatu apapun.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Bintan, Drs. Mohd. Setioso yang hadir dalam acara juga berpesan kepada Pembina Pendamping untuk selalu menjaga adik-adiknya “Kami titip adik-adik, jaga kesehatan dan jadikan ajang Jambore ini untuk mengaktualisasi latihan-latihan yang selama ini kita gelar, Kwarcab Bintan memberikan kepercayaan penuh kepada Pimpinan Kontingen Cabang, yakni Kak Suyatno dan seluruh pembina pendamping yang ikut Jambore nasional, semoga banyak ilmu dan pengalaman yang kelak bisa dibagikan untuk memajukan Kabupaten Bintan”

Ditempat yang sama, Drs. Yasman Andhika selaku Ketua Pelaksana Harian Kwarcab Bintan, juga mengingatkan kepada seluruh Kontingen Kwarcab Bintan untuk senantiasa memanfaatkan ajang Jambore Nasional ini sebagai Laboratorium, tempat menimba ilmu, tempat menjalin silaturahim dan memperluas pertemanan pramuka secara nasional. Sehingga Kwarcab Bintan tetap eksis dalam level Nasional.

Kemudian, drh. Iwan Berri Prima, selaku Pengurus Bidang Bina Muda (Bidang pembinaan Satuan Karya dan Satuan Komunitas) menyampaikan jumlah kontingen Jambore Nasional XI Kwarcab Bintan berjumlah 30 orang yang terdiri atas 8 orang peserta putra beserta 1 orang pendamping dan 8 orang peserta putri beserta 1 orang pendamping, 1 orang pimpinan Kontingen Cabang, serta 11 orang pendamping lapangan.

"Jambore Nasional ke-XI tahun 2022 digelar di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta. Seluruh peserta dan pendamping yang dilepas ini merupakan orang-orang pilihan. Untuk kontingen Kwarcab Bintan diberangkatkan dari tanggal 12 Agustus, dan kembali tanggal 23 Agustus 2022," ujarnya.(***Sudarno)